Andrea Hirata, itulah nama yang dipanggil oleh orang-orang yang ada disekitarnya. Salah satu penulis novel yang pernah ada di Indonesia.

Ada kisah yang menarik soal pemberian nama Andrea Hirata ini. Menurut informasi yang beredar bahwa Andrea Hirata pernah berganti nama sebanyak tujuh kali.

Nama ketika Andrea lahir, yaitu Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun, karena kedua orang tuanya mengubah namanya sebanyak tujuh kali hingga sampai saat ini namanya menjadi Andrea Hirata.

Biodata Andrea Hirata

biodata lengkap endera hirata dan keluarganya
Sumber: Kaskus.co.id
  • Nama Lengkap: Andrea Hirata Seman Said Harun
  • Tanggal Lahir: 24 Oktober 1967
  • Tempat Lahir: Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung
  • Almamater: Universitas Sheffield Hallam

Biografi Andrea Hirata

biografi singkat andrea hirata seman said harun
Sumber: Dailysia.id

Andrea Hirata lahir pada tanggal 24 Oktober 1982 di Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung. Ia merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan NA Masturah.

Pada masa kecil, Andrea Hirata hidup di Pulau Belitung dengan keadaan keluarga yang miskin.

Andrea Hirata bersekolah di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya jauh dari kata layak untuk digunakan sebagai tempat menimba ilmu, bangunannya yang hampir roboh dan berbagai masalah lainnya, Sekolah Dasar tersebut bernama SD Muhammadiyah.

Seperti halnya kita semua, terkadang walaupun keadaan bangunan sekolah tidak nyaman, tapi di dalam bangunan tersebut kita tidak sendirian.

Ada teman-teman yang ada di samping kita, yang sama-sama menimba ilmu yang juga merasakan ketidaknyamanan dari sebuah bangunan sekolah, namun hal itu bisa terabaikan karena ada teman-teman di samping kita, yang membuat kita melupakan hal-hal buruk dari sekolah.

Andrea Hirata pun begitu, walaupun bersekolah dengan tempat yang hampir roboh bangunannya tidak menyurutkan semangatnya dalam menimba ilmu.

Di SD Muhammadiyah itulah ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang ia panggil dengan sebutan Laskar Pelangi.

Ada kisah yang begitu menginspirasi yang bisa dijadikan teladan bagi para pendidik yang ada di Indonesia, yaitu Ibu Muslimah.

Andrea Hirata mengenal Bu Muslimah ketika ia bersekolah di SD Muhammadiyah. Bu Muslimah adalah seorang guru yang sangat dihormati oleh Andrea.

Apa sih yang membuat Andrea Hirata begitu Menghormati Bu Muslimah ?

Di SD Muhammadiyah seperti yang digambarkan di Film Laskar Pelangi, jumlah muridnya hanya 11 orang ditambah dengan kondisi bangunan sekolah yang tidak layak, namun Bu Muslimah tetap ikhlas dalam mengajar di sekolah tersebut.

Karena Bu Muslimah, Andrea Hirata termotivasi untuk terus belajar dan datang untuk bersekolah walaupun jarak dari rumah ke sekolahnya itu kurang lebih 30 km.

Bahkan Andrea Hirata mengungkapkan ia menulis Novel Laskar Pelangi untuk Bu Muslimah.

Yang di dalam novel tersebut bercerita mengenai kehidupannya sehari-hari di SD Muhammadiyah bersama teman-temannya dan juga bersama sosok guru yang menginspirasinya, yaitu Bu Muslimah.

Andrea Hirata merupakan jantung dari novel yang berjudul Laskar Pelangi yang menjadi tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Laskar Pelangi adalah karya novel pertama dari Andrea Hirata. Karya pertama yang begitu membanggakan. Novel ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005.

Novel Laskar Pelangi bercerita mengenai kehidupan Andrea Hirata waktu masih bersekolah, tidak hanya itu novel ini juga menceritakan tentang 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di SD dan SMP Muhammadiyah di Belitung.

Seperti pada penyampaian di atas, teman-teman sekolah dari Andrea Hirata ia sebut dengan sebutan Laskar Pelangi. Tidak hanya menceritakan mengenai kisah dari sekolahnya, Laskar Pelangi lebih dari itu.

Laskar Pelangi sebuah sebutan bagi para Siswa yang bersekolah di SD dan SMP Muhammadiyah yang di mana nama tersebut diberikan oleh Bu Muslimah, salah satu seorang guru yang mengajar pada sekolah tersebut.

Sebuah novel yang mengagumkan dan begitu menginspirasi, pada tahun 2008 naskah dari Novel Laskar Pelangi diadaptasi menjadi sebuah film yang berjudul sama dengan novelnya, yaitu Laskar Pelangi.

Selain Laskar Pelangi, Hirata juga menerbitkan beberapa novel dengan judul Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov yang merupakan trilogi novel dari Laskar Pelangi.

Film Laskar Pelangi diproduksi oleh Miles Films dan Mizan Production. Film ini dibuat di Pulau Belitong, sampai aktor-aktor yang menjadi anggota Laskar Pelangi juga adalah anak-anak asli Belitung.

Karya Novel dari Andrea Hirata

Berikut daftar novel yang ditulis oleh Andrea Hirata :

  • Laskar Pelangi
  • Sang Pemimpi
  • Edensor
  • Maryamah Karpov
  • Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas
  • Sebelas Patriot
  • Laskar Pelangi Song Book
  • Ayah

Pendidikan Andrea Hirata

Kembali sedikit melihat pendidikan yang pernah dirasakan oleh Andrea Hirata.

Andrea mengenyam pendidikan tinggi dengan gelar di bidang ekonomi dari Universitas Indonesia. Ia juga menerima beasiswa dari Uni Eropa, ia mengambil program master di Eropa, pertama di Universitas Paris, lalu di Universitas Sheffield Hallam di Inggris.

Penghargaan yang Pernah diraih Andrea Hirata

Andrea Hirata pernah menjadi pemenang Buch Awards Jerman 2013, ia juga pernah menjadi Pemenang Festival Buku New York 2013 dalam kategori general fiction. Honorary Doctor of Letters (Hon Dlitt) dari Universitas Warwick 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *